animasi blog

Saturday 22 July 2017

PERAN PSIKOTERAPI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT - PSIKOTERAPI



APA ITU PSIKOTERAPI?
Psikoterapi merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengobati problematika individu terkait dengan emosi, gangguan kejiwaan, gangguan mental, atau ketidakmampuan individu dalam menghadapi masalah yang dimiliki. Dalam psikoterapi terdapat 2 peran di dalamnya, yakni terapis dan klien. Terapis adalah individu yang memberikan bantuan kepada klien mengenai masalahnya, dan klien adalah individu yang memiliki masalah dan memerlukan bantuan terapis. Metode dalam psikoterapi adalah dengan membantu klien untuk mengetahui masalah mereka sendiri, memahami dan mengetahui perasaan, kelemahan, dan kelebihan mereka, serta terapis membantu klien untuk membuat mereka berpikir positif terhadap diri mereka sendiri dan terhadap masalah yang dihadapi. Psikoterapi diketahui dapat sangat efektif dalam mengatasi beberapa gangguan seperti depresi, kecanduan, fobia, masalah-masalah interpersonal, gangguan OCD, post-traumatic stress disorder, bahkan bisa dilakukan bagi penderita skizofrenia.

MANFAAT PSIKOTERAPI
Psikoterapi dianggap sebagai metode yang telah terbukti manfaatnya dalam mengobati dan membantu klien menghadapi permasalahan yang dihadapai. Beberapa manfaat psikoterapi adalah :
©        Membantu klien dalam menemukan pemecahan masalah yang terbaik agar dapat menangani masalah diri mereka sendiri
©             Membantu klien agar dapat lebih memahami diri mereka sendiri
©       Membantu klien untuk mengenali masalah dan memahaminya dari berbagai sudut pandang yang memungkinkan
©  Terapis membantu klien dengan mengajari beberapa cara untuk memiliki keterampilan dalam hidup agar dapat meningkatkan hubungan yang lebih baik secara intrapersonal maupun interpersonal.

APA PERAN PSIKOTERAPI DALAM KEHIDUPAN DI MASYARAKAT?
Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa psikoterapi adalah metode yang digunakan untuk membantu individu dalam mengobati berbagai masalah dan gangguan mentalnya, sehingga tentu psikoterapi memiliki peran penting dalam membantu dan menyejahterakan kesehatan mental dan kehidupan sosial masyarakat. Beberapa hal spesifik mengenai bagaimana pentingnya peran psikoterapi dalam kehidupan di masyarakat dapat dilihat melalui beberapa hal dibawah ini :
©        Psikoterapi dapat digunakan untuk membantu klien agar lebih mengenali diri mereka sendiri termasuk tujuan hidup mereka
©  Psikoterapi dapat membantu individu untuk memiliki kemampuan dalam menanggulangi/ menghadapi masalah yang dimiliki, seperti misalnya membuat diri untuk berpikir lebih logis apabila menghadapi suatu permasalahan sehingga tidak mudah putus asa dan lebih berpikir secara positif
©       Psikoterapi juga dapat membuat individu bisa lebih membangun dan menciptakan hubungan yang positif baik secara intrapersonal maupun interpersonal.
©        Dalam lingkungan yang pernah dilanda suatu bencana, psikoterapi bisa dilakukan bagi masyarakat setempat yang memiliki traumatis terhadap bencana tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
American Psychological Association: “Understanding Psychotherapy and How It Works”. Tersedia dalam http://www.apa.org/helpcenter/understanding-psychotherapy.aspx
Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 2. Yogyakarta: Kanisius.

No comments:

Post a Comment