animasi blog

Friday 7 October 2016

#SIP ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA


ARSITEKTUR KOMPUTER
DEFINISI ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur komputer merupakan seni atau ilmu yang mempelajari tentang rancangan suatu sistem komputer dimana didalamnya juga turut mempelajari tata cara interkoneksi antara berbagai macam hardware dimana hardware tersebut juga menjalankan sekumpulan instruksi dalam sistem agar dapat menghasilkan sebuah komputer dengan sistem kinerja yang tinggi dan biaya yang terjangkau. Hampir semua jenis komputer yang berada di dunia menggunakan arsitektur yang diciptakan oleh John Von Neumann yang disebut dengan Arsitektur Von Neumann. Dalam Arsitektur Von Neumann, sebuah komputer memiliki empat bagian utama yaitu memori, alat masukan dan hasil (I/O), unit kontrol, serta unit aritmatika dan logis (ALU) dimana semua bagian utama tersebut dihubungkan menggunakan serangkaian kawat/ bus.


KOMPONEN ARSITEKTUR KOMPUTER
1.   Central Processing Unit (CPU), yaitu sumber komputer untuk mengatur seluruh kerja komputer dan berfungsi untuk menjalankan berbagai program yang terdapat pada memori utama komputer.
2.        Data Input, dimana memiliki fungsi untuk menerima masukan data dari luar sistem komputer. Contoh mesin alat input yaitu keyboard, scanner, modem, dan kamera.
3.      Data Output, dimana memiliki fungsi untuk menghasilkan suatu hal/ data yang telah diproses sebelumnya. Contoh mesin alat output yaitu monitor, printer, speaker, dan plotter.
4.        Memori Utama, atau seringkali disebut dengan RAM selain berfungsi untuk menyimpan data, tetapi juga berfungsi untuk instruksi dari program yang sedang dijalankan.
5.      Memori Sekunder, memiliki fungsi yang hampir sama dengan memori utama yakni untuk menyimpan data. Perbedaannya adalah memori sekunder juga menyimpan program biner secara permanen.

SUB- KATEGORI ARSITEKTUR KOMPUTER
1.        Sistem desain dari seluruh komponen dalam hardware,
2.        Set intruksi,
3.        Arsitektur mikro dari set intruksi.

BAGIAN-BAGIAN POKOK ARSITEKTUR KOMPUTER
1.     Hardware System Architecture adalah sub sistem dasar pada hardware seperti  CPU, OS, dan memori.
2.   Instructure Set Architecture adalah proses yang menentukan progammer bahasa mesin agar dapat berinteraksi dengan sebuah komputer.

KELEBIHAN ARSITEKTUR KOMPUTER
1.        Mempunyai lebih dari satu processor
2.        Dapat dipakai oleh lebih dari satu pengguna/ multi user
3.        Mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu
4.       Sistem kerja pada processor mampu hingga kecepatan 1 Giga Operations Per Second

KEKURANGAN ARSITEKTUR KOMPUTER
1.        Ukurannya besar sehingga memerlukan tempat penyimpanan yang besar
2.        Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
3.        Harganya cukup mahal
4. Sarana interaksi  antar pengguna dengan sistem komputer masih menggunakan teks


STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
DEFINISI STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
Sebelum membahas mengenai struktur kognisi pada manusia, sebaiknya kita pahami mengenai teori kognitif terlebih dahulu. Teori kognitif merupakan teori yang menekankan mengenai upaya atau proses yang dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan rasionalitas yang dimiliki oleh setiap individu. Karenanya, itulah perbedaan antara teori kognitif dengan teori lainnya seperti teori behavioral yang menekankan pada kemampuan perilaku individu.

Menurut Prof. Benny H. Hoed, struktur adalah pembangunan dalam arti teoritis yang merupakan suatu kesatuan dari berbagai unsur yang saling berkaitan. Struktur adalah bagaimana sesuatu disusun dengan dengan pola tertentu. Sedangkan pengertian kognitif menurut Livingstone adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek adalah apa yang terjadi pada diri individu sendiri baik itu tentang kesadaran, pengetahuan, hingga kendali yang dihasilkan dari proses berpikir tersebut. Selain itu, Drever juga mengatakan bahwa kognisi merupakan istilah yang didalamnya terdiri dari model pemahaman seperti persepsi, penilaian, dan penalaran. Oleh karena itu Denver juga melanjutkan bahwa kognisi berarti konsep yang mencakup pengamatan, penglihatan, prasangka, membayangkan, pendugaan, dan penilaian.

Ausabel mengatakan bahwa struktur kognitif adalah suatu pola hubungan dari berbagai pengetahuan. Struktur kognitif yang dimiliki individu berasal dari pengetahuan yang bedasarkan kenyataan dan diperoleh dari lingkungan individu tersebut.  Proses pembentukan struktur kognitif individu berasal dari informasi lingkungan sebagai stimulus dari lingkungan yang bersifat dinamis, sehingga struktur kognitif manusia akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang tersebut dapat membuat individu mampu menyerap segala informasi yang berasal dari lingkungan. Terdapat beberapa aspek yang dapat mempengaruhi struktur kognitif manusia, seperti :
1.        Perkembangan diri individu dan kematangannya,
2.        Sifat belajar yang bermakna, dan
3.     Ketepatan dalam mengubah informasi yang didapat melalui fungsi kognisi yang dimiliki.

KELEBIHAN STRUKTUR KOGNISI
1.        Dapat memaksimalkan kerja otak
2.        Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3.        Sistematis sehingga arah dan tujuannya jelas

KEKURANGAN STRUKTUR KOGNISI
1.        Waktu yang dibutuhkan cukup lama
2.     Sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebab untuk memaksimalkan cara berpikir hal tersebut tergantung dari tiap individu

KAITAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
Hubungan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia adalah bahwa semua program dan sistem yang berada dalam komputer memiliki fungsi yang hampir sama dengan kemampuan berpikir manusia. Mengapa demikian? Sebab komputer merupakan teknologi buatan manusia yang dalam pembuatannya adalah bertujuan untuk meringankan dan memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Kemudahan manusia dalam menjalankan tugasnya dapat dilakukan dengan mengandalkan teknologi yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai proses berpikir manusia. Persamaan antara komputer dan kognisi manusia adalah keduanya sama-sama menerima suatu data, menyimpannya dalam memori, mengubah dan memproses data yang tersimpan, serta meneruskan informasi tersebut untuk kebutuhan yang beragam. Struktur kognisi manusia merupakan proses berpikir yang terjadi dalam diri manusia dan manusia lah yang mengatur proses berfikirnya sendiri.

Adapun perbedaan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia yakni pengetahuan yang berada dalam otak manusia merupakan hasil dari proses perkembangan kognitif manusia dan hal tersebut akan terus berkembang secara alamiah. Sedangkan sistem atau program yang terdapat dalam komputer tidak dapat berkembang secara alamiah karena merupakan ciptaan manusia, dan hanya akan berkembang apabila manusia merubah komputer tersebut. Oleh karena itu, yang berperan utama adalah manusia.

Namun apabila diperhatikan dengan baik, manusia memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri sedangkan arsitektur komputer diciptakan oleh manusia sehingga apabila disatukan maka terdapat hubungan timbal balik yang menguntungkan.


DAFTAR PUSTAKA
Erwin, Feradila, F., Alhaq, F., dkk. (2010). Arsitektur Komputer. Depok: Universitas Gunadarma.
Solso, L. Robert.(2007). Psikologi Kogntif. Jakarta: Erlangga.

No comments:

Post a Comment