animasi blog

Friday 21 October 2016

#SIP EVOLUSI COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM


EVOLUSI COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM
Perkembangan yang terjadi pada Computer Based Information System tidak secara langsung menjadi sebuah sistem yang terbilang modern seperti saat ini, namun perlu melalui beberapa tahap perkembangan sistem hingga tercipta sebuah sistem yang mengolah data menjadi sebuah informasi. Aplikasi komputer yang pertama kali disebut sebagai sistem informasi manajemen (Management Information Systems/ MIS), selanjutnya  diikuti oleh sistem pendukung keputusan (Decission Support Systems/ DSS), otomatisasi kantor (Office Automation/ OA), dan sistem pakar (Expert System/ ES). Semua aplikasi tersebut kemudian membentuk sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Information System/ CBIS). Tahap-tahap perkembangan tersebut, yaitu :

1.     Fokus awal pada data (Electronic Data Processing/ EDP)
Selama paruh awal abad 20, sebagian besar perusahaan tidak terlalu mementingkan kebutuhan informasi. Hal ini kemudian dilanjutkan hingga komputer generasi awal yang terbatas hanya untuk aplikasi akuntansi yang pada awalnya disebut dengan nama Electronic Data Processing. Namun, istilah tersebut tidak populer kembali dan telah digantikan menjadi Pengolahan Data (Data Processing) dan sistem informasi akuntansi.
Sistem yang pertama kali diterapkan adalah sistem pemrosesan transaksi yang berfokus pada data transaksi. Sistem informasi ini digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data transaksi serta seringkali mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transaksi.

2.     Fokus pada informasi (Management Information System/ MIS)
Pada hakikatnya, Sistem Informasi Manajemen mengetahui bahwa aplikasi komputer harus menghasilkan informasi manajemen sebagai tujuan utama nya. Konsep tersebut segera diterima oleh beberapa perusahaan besar sebab dengan adanya Manajemen Informasi, makan perusahaan akan lebih mudah dalam mendapatkan Informasi yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perusahaan. Ketika generasi baru pada alat penghitung mampu membuat pemrosesan data lebih banyak, hal tersebut kemudian mengubah konsep dan sudut pandang terhadap pemakaian komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM).

3.     Fokus pada komunikasi (Office Automation/ AO)
Banyak aplikasi pada komputer untuk otomatisasi kantor berkembang dengan cepat, seperti ada nya tele conference atau konferensi jarak jauh, surat elektronik (E-mail), electronic calendaring, dan desktop publishing. Office Automation berfungsi untuk memudahkan komunikasi serta meningkatkan kinerja melalui penggunaan alat-alat elektronik.

4.     Fokus pada konsultasi (Expert System/ ES)
Kini, orang-orang mulai banyak memperhatikan kecerdasan buatan atau artificial intelligent yang dihasilkan dari sistem pakar. Definisi dari sistem pakar itu sendiri yaitu sistem yang seakan-akan berfungsi sebagai spesialis dalam suatu bidang tertentu. Ide dasar artificial intelligent adalah sebuah program yang dibuat oleh pengguna terhadap komputer untuk melaksanakan sebagian penalaran secara logis yang sama seperti manusia. Sistem artificial intelligent yang juga merupakan kecerdasan buatan untuk mengatasi masalah disebut dengan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based systems).


SUMBER - SUMBER
Komarudin, D. (2013). Pengantar Sistem Informasi Manajemen Program Studi Sistem Informasi. Diakses dari http://www.slideshare.net/dindinkomarudin77/materi-sim-pertemuan-2. tanggal 21 Oktober 2016.

Brail, R.K & Klosterman, R.E. (2001). Planning Support Systems. Califonia : ESRI Press.

Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi Offset.

Rama, D.V & Jones, F,I. (2008). Sistem Informasi Akuntansi: Buku 2. Jakarta : Salemba.

No comments:

Post a Comment