animasi blog

Wednesday 5 October 2016

#SIP INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI



SISTEM
APA ITU SISTEM?
Secara garis besar, sistem merupakan gabungan dari beberapa komponen dengan maksud agar informasi bisa didapatkan dengan mudah, dimana informasi tersebut digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.  Berikut ini merupakan beberapa definisi sistem menurut para tokoh ahli :
Djekky R. Djoht
Sistem merupakan kesatuan dari sekumpulan objek yang dikelompokkan karena adanya interaksi yang saling berkaitan dari sekelompok objek yang berbeda dan kemudian disatukan oleh hal tertentu seperti alam dan seni sehingga membentuk suatu kesatuan yang dapat bergerak dan berfungsi.
J.C. Hinggins
Sistem merupakan berbagai bagian-bagian yang saling berhubungan.
Gordon B. Davis
Sistem adalah berbagai komponen yang saling berhubungan dengan tujuan tertentu.
Umar Fahmi Achmadi
Sistem merupakan serangkaian elemen yang terstruktur dengan baik serta saling berhubungan dan memiliki tujuan yang sama sehingga elemen tersebut dapat beroperasi dalam kurun waktu tertentu secara terencana.
Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Sistem merupakan suatu kesatuan dari beberapa bagian yang saling berhubungan serta saling mempengaruhi sehingga salah satu bagian yang terpengaruh tersebut dapat mempengaruhi bagian-bagian yang lain secara universal atau keseluruhan.
C.W. Churchman
Sistem merupakan kesatuan dari berbagai bagian-bagian yang dihubungkan secara selaras untuk mecapai tujuan tertentu.
Andri Kristanto
Sistem merupakan prosedur atau metode yang saling berkaitan dan sama-sama tergabung yang bertujuan untuk mencapai suatu target tertentu atau sekedar hanya untuk melakukan suatu aktivitas/ kegiatan.

Berdasarkan pada 7 definisi yang dikemukakan oleh para tokoh diatas mengenai sistem, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem adalah kesatuan dari sekumpulan objek atau komponen yang bersifat secara sistematis, tertata dengan baik, dan saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran tertentu secara terencana.

APA SAJA CIRI-CIRI SISTEM?
Menurut Tatang M. Amirin, ciri-cici sistem yaitu :
1.      Memiliki tujuan tertentu
2.      Terdiri dari beberapa unsur
3.      Bersifat menyeluruh
4.      Sistem juga bersifat saling berhubungan
5.      Sistem melakukan proses modifikasi
6.      Sistem memiliki batas yang memisahkannya dari lingkungannya
7.      Sistem bersifat terbuka
8.      Sistem berkemampuan untuk menyesuaikan dan mengatur diri sendiri

APA SAJA ELEMEN-ELEMEN SISTEM?
1.      Goals, yaitu tujuan dalam sistem yang berguna sebagai poin yang dapat memberikan arah kepada sistem.
2.      Input, yakni merupakan apapun yang masuk ke dalam suatu sistem yang nantinya akan diproses.
3.   Process, yakni tahap pengolahan sistem dimana terjadinya suatu perubahan atau modifikasi terhadap input sehingga dapat tercipta output yang bermakna atau yang tidak bermakna.
4.       Output, yaitu hasil dari proses modifikasi terhadap input.
5.  Boundary, seringkali disebut batas. Maksudnya adalah bagian yang memisahkan antara sistem itu sendiri dengan lingkungan sistem.
6.  Control Mechanism and Feedback, yaitu dimana feedback (umpan balik) digunakan untuk mewujudkan control mechanism (mekanisme pengendalian) yang berasal dari output.
7.     Environment, yakni semua hal yang yang berada di luar sistem yang dapat mempengaruhi sistem.

INFORMASI
APA ITU INFORMASI?
Raymond Mc. Leod
Informasi adalah hasil pengolahan dari data yang bermakna bagi individu yang menerimanya yang juga mampu membantu dalam mengambil suatu keputusan.
Abdul Kadir, Mc. Fadden dkk.
Informasi adalah hasil dari modifikasi data yang dapat berguna dalam memberikan pengetahuan pada individu yang menerimanya (menerima data tersebut).
Tata Sutabri, S.Kom., MM
Informasi dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan sebeb merupakan hasil dari pengelompokkan dan pengolahan data.
Burch & Strater
Informasi dapat memberikan suatu ilmu atau pengetahuan karena merupakan proses modifikasi data.
Jogiyanto HM
Informasi dapat menggambarkan suatu kejadian yang nyata untuk pengambilan keputusan, sebab merupakan hasil dari data yang telah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi bentuk yang bermakna sehingga bermanfaat bagi individu yang menggunakannya.

Dari ke-lima definisi mengenai informasi tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sumber utama dari informasi adalah data. Informasi membutuhkan data untuk dapat diolah dan diproses sehingga menjadi sesuatu yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi penggunanya seperti dalam pengambilan suatu keputusan.

APA SAJA CIRI-CIRI INFORMASI?
Menurut Davis, informasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Baru, artinya informasi harus benar-benar baru bagi pengguna.
2.      Tambahan, artinya dapat memberikan tambahan informasi lain terhadap informasi yang sudah ada sebelumnya.
3.  Korektif, artinya informasi dapat diberikan sebagai koreksi terhadap informasi yang dinilai salah sebelumnya
4.      Benar atau salah, artinya pengguna informasi yang salah dalam meyakini informasi yang diterimanya akan memberikan efek yang sama saja dengan ketika dirinya meyakini kalau informasi tersebut adalah benar. Sebab, informasi berkaitan dengan kepercayaan akan kenyataan yang ada.
5.  Penegas, artinya informasi yang baru dapat memberikan penegasan terhadap informasi sebelumnya agar lebih meyakinkan.

BAGAIMANA MENGETAHUI KUALITAS INFORMASI?
      Informasi yang berkualitas dapat diketahui melalui :
-          Keakuratannya
-          Relevan, yaitu informasi yang diterima harus bermanfaat
-         Tepat waktu, dimana informasi yang didapat tidak boleh terlambat



SISTEM INFORMASI
APA ITU SISTEM INFORMASI?
Mc. Leod
Sistem informasi adalah sistem yang dapat mencari berbagai informasi , dalam hal ini media dimanfaatkan untuk menampilkan informasi tersebut.
Kertahadi
Sistem informasi bertujuan dalam memberikan informasi seperti untuk merencanakan sebuah perusahaan dalam proses pengambilan keputusan sebab merupakan alat untuk menjadikan informasi agar lebih bermakna bagi penggunanya.
Gordon B. Davis
Sistem informasi adalah sistem yang menerima masukan data, melakukan pengolahan dengan memodifikasi atau perubahan pada data tersebut yang selanjutnya akan menghasilkan output.

Bersadarkan ketiga definisi tersebut, maka dapat diketahui bahwa sistem informasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mencari informasi yang bermakna bagi penggunanya dengan melalui tiga proses yakni menerima data, mengolah data tersebut sehingga kemudian menghasilkan hal yang bermanfaat.

APA SAJA KOMPONEN SISTEM INFORMASI?
1.     Lima sumber daya yang mendasar dalam sistem informasi adalah manusia, data, perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan.
2.      Dalam sumber daya manusia, di dalamnya terdiri dari ahli sistem informasi; sumber daya data terdiri dari pengetahuan dan data yang mendasar; sumber daya perangkat keras meliputi mesin dan media; sumber daya perangkat lunak terdiri dari suatu program; sedangkan dalam sumber daya jaringan di dalamnya terdiri dari media komunikasi.
3.   Pengolahan informasi di dalamnya terdiri dari masukan data, pemrosesan data, keluaran data, penyimpanan, dan selanjutnya pengendalian.

APA SAJA FUNGSI SISTEM INFORMASI?
Sistem informasi dapat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan pada perusaaan, misalnya adalah dapat menghemat biaya dan bahkan dapat menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan perusahaan, selain itu juga dapat menghasilkan suatu data yang akurat dan cepat.

PSIKOLOGI
APA ITU PSIKOLOGI?
Wilhem Wundt
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari kesadaran manusia. Menurut Wundt, berbagai hal yang dipelajari dalam psikologi yaitu kehendak manusia, keadaan jiwa pada manusia yang ditunjukkan melalui kesadaran manusia itu sendiri, dan pengalaman yang ada pada diri manusia.
Crow & Crow
Psikologi adalah segala hal yang berkaitan dengan sikap manusia dimana di dalamnya terdapat interaksi individu dengan segala hal di sekelilingnya, baik itu hubungan antar manusia ataupun hubungan dengan bukan manusia seperti cuaca, budaya, hingga hewan.
Woodworth dan Marquis
Psikologi mempelajari kegiatan manusia dalam hubungannya dengan alam sekitar yang melibatkan kognisi, emosi, dan motorik sejak lahir hingga manusia meninggal dunia.
Chaplin
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan hewan, serta meneliti segala kerumitan organisme tersebut ketika bereaksi dengan alam maupun dengan segala hal yang mengakibatkan perubahan pada lingkungan manusia.
Plotnik
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia dan proses mentalnya yang bersifat terstruktur dan scientist (ilmiah).

Berdasarkan dari 5 tokoh ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang didalamnya mempelajari tentang keadaan jiwa manusia, interaksi antar manusia itu sendiri atau dengan objek lain disekitarnya yang melibatkan aktivitas kognitif, emosi, dan motorik sejak manusia lahir hingga meninggal dunia.

APA SAJA TUJUAN PSIKOLOGI?
Menurut Plotnik, tujuan dari psikologi adalah :
1.      Mendeskripsikan beraneka macam cara perilaku organisme
2.      Menjelaskan sebab-sebab suatu perilaku tertentu
3.    Memprediksi bagaimana organisme akan berperilaku dalam suatu situasi tertentu, dan
4.      Mengontrol perilaku mahkluk hidup


SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
APA DEFINISI SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI?
Berdasarkan pada berbagai teori yang telah dibahas sebelumnya, maka dapat diketahui bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu kesatuan dari berbagai komponen data yang didalamnya menggabungkan antara ilmu yang mempelajari jiwa manusia dengan alat teknologi maupun media lainnya dimana kemudian dilakukan pengolahan data terhadap segala hal yang menyangkut psikologis manusia dan proses mentalnya sehingga mampu menghasilkan informasi yang berkaitan dengan psikologi dan bermanfaat bagi penggunanya.

APA SAJA FUNGSI SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI?
Sistem informasi psikologi yang menggabungkan antara teknologi dengan data yang mencakup proses mental manusia dapat berfungsi untuk penelitian terkait dengan psikologi maupun untuk pengambilan data tes psikologi. Misalnya saja dalam penelitian psikologi yang bersifat kuantitatif tentu memerlukan program SPSS untuk pengolahan data, dimana sebelumnya data didapatkan melalui kuesioner atau angket yang telah diisi oleh subjek penelitian, kemudian data tersebut dimasukkan ke dalam program SPPSS dan selanjutnya diproses sehingga menghasilkan nominal yang akurat. Hal ini dinilai cukup efektif dan hemat waktu.


DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Basuki, A. M. Heru. 2008. Psikologi Umum. Depok: Universitas Gunadarma.
Uetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment