animasi blog

Friday 21 October 2016

#SIP COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM



DEFINISI COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM
Sistem Informasi Berbasis Komputer (Computer Based Information System) memang hampir sama dengan sistem komputer pada umumnya. Computer Based Information System adalah suatu proses dimana komputer mengumpulkan, menyimpan, dan melakukan proses data menjadi informasi terkait dengan instruksi yang diberikan pengguna komputer melalui program-program dalam komputer. Sistem Informasi berbasis komputer memiliki makna bahwa komputer berperan penting sebagai sebuah sistem informasi. Kesatuan antar tiap sistem dalam sebuah komputer akan menghasilkan sebuah informasi yang cepat, akurat, dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan tertentu penggunanya. Berikut merupakan definisi Computer Based Information System menurut para tokoh :

“Computer Based Information System atau disebut juga sistem informasi berbasis komputer merupakan sistem pengolah data yang mengubah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan”
(Wahyono, 2003).

“Computer Based Information System (CBIS) mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan dan berbasis teknologi komputer seperti perangkat keras, perangkat lunak, pengguna, informasi, dan berbagai prosedur”
(Fatta, 2007).

Berdasarkan definisi kedua tokoh tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Computer Based Information System adalah sistem pengolah data yang mengubah informasi sehingga lebih berkualitas menggunakan teknologi komputer.

KOMPONEN COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM
1.      Perangkat keras (Hardware), yaitu alat untuk melakukan kegiatan termasuk di dalamnya memasukkan data, memproses dan keluaran data
2.    Perangkat lunak (Software), yaitu berisi perintah dan program-program yang diberikan pada komputer
3.        Manusia, yaitu sebagai pengguna sistem informasi.
4.        Database, yaitu sekumpulan data dan informasi yang diorganisasikan agar mudah diakses
5.  Telekomunikasi, yaitu komunikasi yang menjadi penghubung antara pengguna dan sistem komputer itu sendiri dalam suatu jaringan kerja

MANFAAT COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM
1.        Hemat biaya
2.        Hemat waktu
3.        Efektivitas dapat meningkat
4.        Pengembangan pada bidang teknologi
5.        Accounting staff development

SUB-SISTEM COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM
1.       Sistem Informasi Akuntansi, dimana lebih berpatokan pada data dibanding pada informasi meskipun terdapat beberapa informasi yang dihasilkan.
2.   Sistem Informasi Manajemen, dimana di dalamnya mencakup informasi terkait dengan manajemen perusahaan baik itu mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang kemungkinan terjadi di masa yang akan datang.
3.     Sistem Pendukung Keputusan, terkait dengan upaya pemecahan masalah makan seseorang akan banyak membuat keputusan dimana keputusan yang diambil sebaiknya bersifat menghindari/ mengurangi efek negatif yang ada.
4.   Automasi Kantor atau disebut dengan istilah kantor virtual, mencakup semua sistem elektronik baik formal maupun informal yang berkaitan dengan komunikasi informasi dari orang-orang di dalam atau di luar perusahaan.
5.   Sistem Pakar, memiliki tujuan untuk menyediakan pemecahan masalah dengan tingkat tinggi bagi pengguna.


SUMBER - SUMBER
Fatta, H.A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Gaol, C.J.L. (2005). Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Grasindo

Rama, D.V & Jones, F,I. (2008). Sistem Informasi Akuntansi Buku 2. Jakarta : Salemba.

Wahyono, T. (2003). Computer Based Information System (CBIS)

http://fe.unpas.ac.id/fe_app/uploaduser/artikel/teguh-cbis01.pdf (diakses pada 21 Oktober 2016).

No comments:

Post a Comment