animasi blog

Friday 21 October 2016

#SIP LINGKUP DATA CBIS



LINGKUP DATA COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM

Pada postingan sebelumnya, readers tentu telah memahami apa itu Computer Based Information System (CBIS) dan bagaimana tahap perkembangannya bukan? J

Kali ini, saya akan membahas terkait ruang lingkup dari CBIS itu sendiri. Ruang lingkup data adalah sebuah daerah asal yang di dalamnya terdapat data untuk berbisnis dan pengguna memiliki alat untuk mengakses data tersebut. Tipe pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan pengguna bisa beragam, baik itu hanya sekedar memodifikasi data hingga berusaha untuk membuat data baru.

Hierarki Data Computer Based Information System (CBIS)
Hierarki adalah hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya sehinggan terbentuk sebuah informasi dengan fungsinya masing-masing yang berbeda. Sebuah data harus disusun secara sistematis supaya pengolahannya dapat dilakukan dengan baik dan efisien.
1.     Bit
Bit merupakan bagian/unit paling kecil dari keseluruhan suatu data yang terdiri dari sistem angka biner dan terdiri dari dua jenis nilai yakni 0 dan 1. Angka biner adalah sekumpulan komponen elektronik yang hanya dapat membedakan dua jenis keadaan seperti on dan off. Sistem angka biner juga merupakan dasar untuk berkomunikasi antara manusia dengan komputer.
2.     Byte
Byte adalah sekumpulan bit yang membentuk satu karakter baik itu angka, tanda, atau huruf yang di dalamnya terdiri dari kombinasi delapan bit. Hitungan satu byte biasanya digunakan untuk menandakan satu buah karakter dalam memori.
3.     Field
Field (kolom) adalah kumpulan byte yang memiliki arti dan makna, dimana dapat diibaratkan bahwa field merupakan sekumpulan karakter yang dapat membentuk suatu kata.
4.     Record
Record (baris) adalah sekumpulan field yang saling berhubungan dan menggambarkan satu unit data individu tertentu. Dalam hal ini, setiap record dapat dikenali oleh sesuatu yang mengenalinya, seperti field kunci. Oleh sebab itu, record dianggap sebagai sekumpulan kata yang dapat membentuk kalimat yang bermakna.
5.     File
File (tabel) adalah kumpulan record yang sama, sejenis, dan saling berhubungan. File dapat diibaratkan sebagai sekumpulan record yang membentuk satu tabel yang memiliki arti.
6.     Database
Database adalah kumpulan beberapa file yang berhubungan. Database pada umumnya berisi elemen data yang disusun ke dalam file-file yang digabungkan berdasarkan struktur tertentu, tersimpan di dalam perangkat keras komputer, dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasi data. Database juga dapat digunakan untuk menunjukkan sekumpulan tabel yang dipakai dalam suatu perusahaan untuk tujuan tertentu.


Metode Penyimpanan Data
Direct Access Storage Device (DASD) merupakan sejenis memori eksternal yang memiliki akses secara langsung terhadap data.  Untuk dapat mengakses data tersebut tentu digunakan metode akses secara langsung yaitu seperti magnetik (floopy disk, hard disk), removable hard disk, (Zip disk, flash disk) dan optical disk. DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam penyimpanan. DASD pertama kali digunakan pada sistem komputer RAMAC 305 tahun 1956.
Sequential Access Storage Device (SASD) adalah suatu perangkat penyimpanan yang bersifat secara sequential  atau bekerja dengan membaca data secara berurutan dari awal sampai akhir tanpa melewati bagian tertentu. Paper tape, magnetic tape, dan punched card adalah beberapa contoh dari SASD. Namun, SASD kini jarang digunakan sebab cenderung lambat pengerjaannya meskipun memang memiliki harga yang murah.

Metode Pemrosesan Data
1.     Batch
Pemrosesan batch adalah suatu model pengolahan data. Masing-masing batch ditandai menggunakan identitas tertentu dan informasi mengenai data terdapat dalam batch tersebut. Selanjutnya, data-data yang telah terkumpul akan langsung di proses. Pemrosesan batch bertujuan untuk memperbarui tiga file master, persediaan, piutang, dan analisis penjualan dimana perusahaan biasanya memperbarui file batch mereka secara harian. Kelemahannya adalah bahwa manajemen dapat tidak selalu memiliki informasi yang paling akurat yang menggambarkan sistem fisik. Sedangkan keunggulan pemrosesan batch yakni dapat meningkatkan efisiensi dengan saling mengelompokkan sebagian besar transaksi ke dalam kelompok daripada memproses setiap peristiwa.
2.     Online
Online adalah pengolahan data yang dilakukan oleh alat yang secara langsung dikontrol oleh CPU.  Pemrosesan online dikembangkan untuk mengatasi masalah file yang sudah terlalu lempau. Setiap transaksi yang masuk akan segera di proses pada semua file master yang berkaitan dan data transaksi berada dalam penyimpanan primer. Catatan persediaan yang sesuai akan di baca dalam penyimpanan primer, diperbarui oleh data transaksi, dan ditulis kembali pada DASD. Keunggulan dari pemrosesan online adalah bersifat interaktif atau memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dan mendapat hasil dari pengolahan data secara cepat.
3.     Realtime
Realtime adalah proses pengolahan data secara bersamaan dengan proses fisik sehingga hasil dari pengolahan data itu muncul secara urut dan sistematis. Realtime bekerja dengan cara mengendalikan sistem fisik, artinya adalah bahwa sistem ini mengharuskan komputer memberikan respon dengan cepat pada sistem fisik. Sistem realtime merupakan bentuk khusus dari sistem online. Apabila sistem online menyediakan sumber daya konseptual yang akurat, maka sistem realtime akan memperluas kemampuan tersebut menggunakan sumber daya konseptual yang dimiliki untuk menentukan operasi sistem fisik. Keunggulan dari sistem realtime adalah dapat melakukan tindakan tanpa memerlukan waktu proses yang lama ketika terdapat reaksi yang diperlukan secara cepat karena terjadi perubahan.


SUMBER - SUMBER
Djahir, Y. dan Pratita, D. (2014). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Kadir, A. (2008). Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta : Andi

Ukar,. K. (2006). Student Guide Series Pengenalan Komputer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Suyanto, M. (2005). Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.


Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi Offset.

1 comment:

  1. Titanium's Tailpiece - Shop at Titanium | Shop Online
    The TITanium titanium ore terraria Tailpiece is an impressive looking design inspired by the famous Tio Sontava Sontava Sontava Sontava Sontava Sontava titanium connecting rod Sontava Sontava Sontava Sontava Sontava Sontava Sontava Sontava galaxy watch 3 titanium Sontava $5.99 · titanium apple watch ‎Out titaum of stock

    ReplyDelete